JUKNIS PENERAPAN EDM DAN E-RKAM

Diposting pada tanggal 4 September 2020
JUKNIS PENERAPAN EDM DAN E-RKAM

Juknis Pelaksanaan Bimbingan Tekhnis Penerapan EDM dan E-Rkam - Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairsfor Improved Quality of Education –selanjutnya disebut Realizing Education’s PromiseMadrasah Education Quality Reform (REP MEQR) (IBRD 8992-ID) bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kementerian Agama. 

 
Juknis Pelaksanaan Bimbingan Tekhnis Penerapan EDM dan E-Rkam
 
Proyek ini dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai pada awal tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024 dengan pembiayaan dari Bank Dunia. Proyek ini akan dilaksanakan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Proyek REP-MEQR terdiri atas empat komponen proyek yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sistem pengelolaan pendidikan di Kementerian Agama. 

Keempat komponen tersebut adalah:

  • Komponen 1
Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) secara nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah;
  • Komponen 2
Penerapan Sistem Penilaian Hasil Belajar seluruh Peserta Didik Kelas 4 MI secara sensus nasional;
  • Komponen 3
Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah.
  • Komponen 4
Penguatan Sistem untuk mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan
 
Salah satu kegiatan penting yang menjadi fokus Proyek ini adalah Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) secara nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah. Ini merupakan Komponen 1 dari 4 komponen kegiatan yang
dilakukan proyek ini sebagaimana dijelaskan di atas. Pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa saat ini belanja anggaran pendidikan di Kemenag belum sepenuhnya efisien, mengingat terbatasnya data tentang penggunaan dana BOS dan sumber dana lainnya, minimnya monitoring, keterbatasan informasi tentang capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP). Sampai saat ini, Kemenag belum memiliki data tentang penggunaan BOS dan bagaimana BOS sebagai sumber utama pembiayaan pendidikan di madrasah berkontribusi terhadap pencapaian SNP di masing-masing madrasah.
 
Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini disampaikan beberapa hal sebagai berikut :
  1. Daftar madrasah sasaran penerapan sistem e-RKAM yang akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan pada tahap 1 tahun 2020 sebagaimana tercantum dalam portal proyek; Daftar Madrasah Sasaran, Penetapan Madrasah sasaran ini menggunakan sistem random berbasis kecamatan di 4 Provinsi (Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur) dengan menggunakan pendekatan untuk memenuhi kebutuhan studi evaluasi dampak (impact evaluation), sehingga di 4 provinsi di atas dimungkinkan ada madrasah di satu kecamatan yang dipilih menjadi sasaran e-RKAM tahap 1 dan ada madrasah yang akan ditetapkan sebagai madrasah sasaran pada tahun berikutnya.
  2. Daftar fasilitator /Tim Inti Provinsi dan Tim Inti Kabupaten/kota sebagaimana tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4741 Tahun 2020 tentang penetapan Tim Inti Provinsi dan Tim Inti Kabupaten/Kota (fasilitator) Bimbingan Teknis Penerapan Sistem Rencana Kerja Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM) Tahap 1 Tahun Anggaran 2020 melalui portal resmi. https://madrasahreform.kemenag.go.id/web/dokumen/4
  3. Untuk kelancaran penugasan fasilitator/Tim Inti di atas, kami mohon bantuan saudara untuk dapat memberikan dispensasi/izin kepada para ASN yang terlibat dalam kegiatan Bimtek yang akan kami laksanakan sesuai dengan jadwal yang tercantum pada lampiran surat ini.
  4. Untuk efektifitas koordinasi, kami mohon bantuan saudara untuk merekomendasikan 2 orang dari anggota TIP yang ada untuk menjadi koordinator dan sekretaris TIP di tingkat provinsi dan 1 orang dari anggota TIK untuk menjadi koordinator TIK masing-masing Kabupaten/Kota. Rekomendasi nama koordinator dan Sekretaris TIP dan koordinator TIK kami terima paling lambat 7 September 2020. Usulan rekomendasi dapat dikirim via email: rep-meqr@kemenag.go.id. Koordinator dan Sekretaris TIP akan berfungsi pula sebagai Fasilitator Tingkat Nasional (TIN). Kriteria dapat dilihat pada lampiran 2.
  5. Kegiatan Bimtek ini akan dilaksanakan oleh penyedia jasa kegiatan (Logistic Service Provider) yang telah ditunjuk sebagaimana terlampir.
  6. Untuk mendukung keberhasilan kegiatan ini, dimohon agar saudara dapat melakukan pemantauan dan pengendalian mutu penyelenggaraan kegiatan tersebut dan melaporkan hasil pemantauannya kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam c.q Direktur KSKK Madrasah.
Selengkapnya tentang Juknis Pelaksanaan Bimbingan Tekhnis Penerapan EDM dan E-Rkam.
 
Versi cetak

Related Keywords

juknis penerapan edm dan e-rkam


Kumpulan Standar Operasional Prosedur (SOP) Madrasah Untuk Refrensi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam satu data Kumpulan Standar Operasional Prosedur (SOP) Madrasah Untuk Refrensi - sua...

Aplikasi Pilihan Pendukung Pembelajaran Daring

Kini, madrasah se-Indonesia dapat melaksanakan pembelajaran secara online (e-learning). Kementerian Agama telah menyediakan aplika...